http://www.AWSurveys.com?R=bhendus Click that link to make money in internet..!!!

http://www.AWSurveys.com?R=bhendus

Kamis, 23 Februari 2012

KOMPRESOR UDARA (versi tugas p.sumarno)

A. PENGERTIAN
Kompresor yaitu pesawat atau permesinbantu di atas kapal yang berfungsi untuk memampatkan atau menaikkan tekanan atau memindahkan fluida gas dari suatu tekanan statis rendah ke keadaan tekanan statis yang lebih tinggi.
Kompresor udara yaitu mesin untuk memampatkan udara. Secara umum biasanya mengisap udara dari atmosfer, yang secara fisika merupakan campuran beberapa gas dengan susunan 78%Nitrogren, 21% Oksigen dan 1% Campuran Argon, Carbon Dioksida, Uap Air, Minyak, dan lainnya. Namun ada juga kompressor yang mengisap udara dengan tekanan lebih tinggi dari tekanan atmosfer dan biasa disebut penguat (booster).
Kompresor di kapal mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu sebagai udara start mesin induk, selain itu digunakan untuk udara start diesel generator, untuk membunyikan suling, untuk peneumatik control dan lain sebagainya.
Kompressor keberadaanya sangat penting di atas kapal karena fungsinya sangat baku terutama sebagai udara pejalan mesin induk di atas kapal.Terutama disaat kapal berolah gerak.kompressor diatas kapal harus selalu dalam keadaan baik dan selalu siap untuk digunakan setiap saat sehingga sewaktu-waktu ada masalah di kapal dan harus melakukan harus siap. Selain itu kompresor juga digunakan untuk supplay semua sistem yang menggunakan peneumatic control, seperti pneumatic control pada air pengisi boiler, pneumatic control main engine dan lain sebagainya.


B.JENIS KOMPRESSOR UDARA
1.Ditinjau dari cara pemampatan (kompresi) udara
•Jenis turbo menaikkan tekanan dan kecepatan gas dengan gaya
sentrifugal yang ditimbulkan oleh impeller atau dengan gaya
angkat (lift) yang ditimbulkan oleh sudu.
•Jenis perpindahan adalah kompresor yang menaikkan tekanan dengan memperkecil atau memampatkan volume gas yang diisap ke dalam silinder atau stator oleh torak atau sudu

2.Menurut fungsinya
a.Kompressor udara utama (main air compressor)
Kompressor udara utama adalah kompressor uadara yang digunakan untuk menghasilkan udara bertekanan yang tinggi untuk mengisi botol angin utama (main air receiver) dan digerakan oleh tenaga listrik electro motor.
b.Kompressor udara darurat(Emergency air compressor)
Kompressor udara darurat adalah kompressor udara yang digunakan untuk mengisi botol angin bantu ( auxiliary air receiver) dan digerakan oleh tenaga independen secara mekanik dan digunakan saat mesin dalam kondisi black out. sementara botol angin utama dan bantu kosong

3.Klasifikasi kompresor menurut konstruksinya
1.Klasifikasi berdasar jumlah tingkat kompresi
•Kompresor satu tingkat
•Kompresor dua tingkat
•Kompresor banyak tingkat

2.Klasifikasi berdasarkan penempatannya
•permanen/ stationary
•dapat dipindah-pindah/ portable

3.Klasi fikasi berdasarkan cara pelumasannya
•pelumasan minyak
•tanpa minyak

4.Klasifikasi berdasarkan langkah kerja
•Kompresor kerja tunggal/ single acting
•kopresor kerja ganda/ double acting

5.Klasifikasi berdasarkan susunan silinder “khusus kompresor torak”
•Mendatar
•Tegak
•bentuk L
•bentuk V
•bentuk W
•bentuk bintang dan,
•lawan imbang/ balans oposed

6.Klasifikasi berdasarkan cara pendinginan
•pendinginan air
•pendinginan udara

7.Klasifikasi berdasarkan transmisi penggerak
•Langsung
•sabuk V dan,
•roda gigi


Komponen utama pada kompresor torak di kapal

1.Air filter.
Air filter merupakankonpenen yang sangat penting pada kompresor udara di kapal. Air filter berfungsi untuk menyarin udara yang akan masuk kedalam silinder bersih sehingga debu dan kotoran tidak ikut terhisab ke dalam silinder, karena kotoran dan debu akan mengakibatkan terjadinya keausan pada silinder, lengketnya katup/ kran, merusak silinder dan pemakaian yang berlebihan.

2.Low pressure suction valve.
Yaitu katup hisap pada kompresor dua tingkat tekan dimana katup ini merupakan katup yang terletak pada sisi hisap kompresor dua tingkat di tingkat tekan yang pertama.katup ini merupakan katup satu arah saja.udara dapat masuk tetapi tidak dapat keluar, sehingga kerja kompresor akan lebih sempurna dalam memampatkan udara.

3.Low pressure delivery valve.
Yaitu katup tekan pada kompresor dua tingkat tekan dimana katup ini merupakan katup yang terletak pada sisi tekan kompresor dua tingkat di tingkat tekan yang pertama.katup ini merupakan katup satu arah saja.udara dapat keluar tetapi tidak dapat kembali, sehingga kerja kompresor akan lebih sempurna dalam memampatkan udara.

4.Inter cooler.
Menurunan suhu udara sebelum masuk ke tahap berikutnya untuk mengurangi kerja kompresi dan meningkatkan efisiensi. Biasanya digunakan pendingin air.
Gambar intercooler

5.Piston.
Piston merupakan komponen dalam kompresor yang berfungsi untuk menekan udara dalam silinder.

6.Ring piston.
Ring piston merupakan komponen yang digunakan untuk mencegah terjadinya udara lolos dalam silinder dalam prosses pemampatan udara.

7.Connecting rod.
Connectin rod sangat penting dalam sistem kerja kompressor.Connecting rod berfungsi untuk menghubungkan antara piston dan poros engkol.

8.High pressure suction valve
Merupakan katup hisap pada tingkat tekan yang ke-dua dan katup ini berfungsi sebagai tempat masuknya udara dan mencegah terjadinya udara kembali.

9.After cooler
Tujuannya adalah membuang kadar air dalam udara dengan penurunan suhu dalam penukar panas berpendingin air.

10.High pressure delivery valve.
Merupakan katup hisap pada tingkat tekan yang ke-dua dan katup ini berfungsi sebagai tempat masuknya udara dan mencegah terjadinya udara kembali.

11.Motor.
Motor sangat penting dalam sistem kerja kompresor. Motor merupakan penggerak utama kompresor. Motor penggerak kompresor ada dua macam yaitu motor listrik dan motor bakar.

12.Poros engkol.
Poros engkol merupakan komponen yang mengubah putaran menjadi langkah yang menyebabkan piston bergerak naik turun.

13.Sistem pelumasan.
Sistem pelumasan yaitu pelumasan yang melibatkan semua komponen dalam kompresor yang bergerak. Pelumasan ini sangat penting karena pelumasan ininakan memperlancar kompresor dalam beroperasi.

14.Cylinder oil.
Cylinder oil merupakan bagian yang sangat penting. Cylinder oil berfungsi untuk melumasi pistin dan silinder pada saat kompresor beroperasi agar silinder tidak aus dan tidak terjadi gesekan antar metal yang berlebihan yang akan menyababkan panas yang berlebihan.cylinder oil tidak boleh sampai telat daam pengisianya


C.PEMBAHASAN MASALAH
Permasalahan pada kompresor yang pernah dialami di kapal MT. EMERALD ISLE yaitu :
1.Kompresor tidak dapat memampatkan udara secara maksimal, sehingga pada saat manuever kapal sering mengalami kekurangan tekanan udara akibat kompressor yang lambat dalam menghasilkan utara tekan.
2.Setiap kompresor beroperasi di dalam sumtank kompresor terdapat air yang bercampur dengan oli dan kompresor tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga udara yang dihasilkan tidak sempurna.
3.Udara yang keluar dari after cooler masih panas.


Kompresor di kapal MT.EMERALD ISLE tidak dapat memampatkan udara secara maksimal , sehingga kebutuhan angin pada saat maneuver kebutuhan angin start main engine tidak dapat tercukupi diakibatkan :
1.Setiap kompresor beroperasi di dalam sumptank kompresor terdapat air yang bercampur dengan oli dan kompresor tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga udara yang dihasilkan tidak sempurna. Menurut analisa dan gejala-gejeala yang ada didapatkan beberapa kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut diatas.
a.Kemungkinan ada packing yang bocor.
b.Kemungkinan adanya piston ring yang sudah aus dan over size pada silinder liner.
c.Kemungkinan adanya kebocoran pada inter cooler.
Setelah didapat beberapa hal yang memungkinkan terdaptnya air pada sumptank maka dilakukan major overhaule. Setelah dilakukan major overhaul maka dilakukan analisa kembali apakah yang menyebabkan terjadinya hal di atas.setelah dilakukan analisa maka ditemukan beberapa hal yang tidak normal yaitu packing yang sudah mulai rusah, ring piston yang sudah tidak sesuai lagi maka dilakukan penggantian dengan ring piston yang baru. Ring piston yang digunakan adalah yang sesuai dan merupakan spare yang sesuai dari makernya. Selain itu dilakukan pembersihan piston dan grovenya apakan tedapat masalah atau tidak.seteh itu dilakukan pemasangan piston yang baru itu dan lakukan pengukuran dan diihat hasilnya.sedang pada inter cooler tidak terdapat kebocoran setelah dilakukan pengecekan.setelah dilakukan pemasangan kembali dan dilakukan pengetesan maka kompressor dapat bekerja secara optimal.

2.Katup- katup pada tekenan tinggi dan tekanan rendah tidak dapat bekerja maksimal karena terlalu lama dipakai danharus dilakukan perbaikan.katup-katup tersebut adalah low pressure suction valve, low pressure delivery valve, high pressure suction valve, high pressure delivery valve.dalam hal ini katup- katup mengalami kaeusan pada spring valve dan terdapat kotoran dan debu yang telah menngeras dan membentuk kerak,sehingga udara yang dihisap dan ditekan ada sebagian yang lolos sehingga udara yang dihasilkan tidak maksimal dan kerja kompresor tidak optimal.
Untuk mendapatkan tekanan udara yang maksimal diperlikan perawatan dan perbaikan pada katup itu. Tindakan yang dilakukan adalah dilakukan penggantian baru,atau dilakukan dengan penggantian spere yang rusak dengan spare part yang baru. Jika didalam kapal tidak terdapat spare yang baru maka dilakukan perbaikan dengan melaping pada bagian katup yang sudah tidak rata atau terjadi keausan.setelah dilakukan perawatan pada katup itu kemudian dilakukan pemasangan kembali pada kompresor dan dilakukan pengetesan. Bagaimana apakah kompresor sudah dapat bekerja optimal atau belum.

3.Udara yang keluar dari after cooler masih panas.
Setelah melihat gejala yang didapat dan melakukan analisa ulang maka didapat penyebab hal diatas yaitu tersumbatnya pipa air laut pendingin, pipa-pipa pada cooler tersumbat dan kotor. Maka dilakukan pembongkaran cooler dan pembersihan kotoran pada pipa dan pipa-pipa coolernya. Setelah dibersihkan maka dlakukan pemasangan kembali dan dilakukan pemeriksaan. Apakah sudah bagus atau belum.


D.KESIMPULAN
1.Timbulnya air dalam sumptitution tank diakibatkan bocornya packing dan ring piston yang mengalami keausan yang menyebabkan air masuk di dalam sumptank.
2.Kompresor tidak dapat bekerja secara optimal dan bekerja maksimal dan tidak dapat memenuhi udara start main engine pada saat melakukan maneuver diakibatkan oleh katup-katup pada kompresor tidak berfungsi dengan baik.
3.Udara yang keluar dari after cooler masih panas diakibatkan oleh pipa-pipa air laut pendingin dan pipa-pipa pada cooler kotor.


E.SARAN
1.Dilakukan pemeriksaan secara rutin pada ring piston dan packing agar tidak mengalami gangguan.
2.Dilakukan pembersihan secara rutin pada sea water cooler secara rutin dan setelah berlayar di daerah yang air lautnya kotor dan banyak sampah agar tidak terjadi gangguan pada kompresor.
3.Sebaiknya para masinis yang bertanggung jawab harus melakukan perawatan pada katup-katup pada kompresor sebelum terjadi masalah dan sesua dengan jam kerja dan dilakukan pemeriksaan secara berkala sesuai dengan PMS yang telah.ditentukan.

http://allshipmachine.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya sangat berterima kasih atas isi dari blogger yang anda kelola karena saya merasa sangat terbantu...

Big Thanks Mr.Sumarno
by : Agus Ade Wirananta
@ : BP2IP Surabaya